Sunday, July 31, 2011

Tips Meningkatkan Alexa Rank

Saya ingin membagi sedikit informasi kepada teman-teman cara meningkatkan alexa rank.


Sekilas Alexa Rank
Alexa Rank adalah sistem pemeringkatan yang mendasarkan skema pemeringkatannya pada jumlah traffic yang diperoleh sebuah website dari pengunjung website dengan toolbar alexa terpasang pada browser komputernya. Pemeringkatannya didasarkan pada data traffic per tiga bulan digabung dengan page views dan jumlah pengunjung.

Pentingnya Menggunakan Alexa Rank Pada Blog
Alexa menggunakan toolbar untuk menentukan rangking dan detail traffic suatu website  yang ada, termasuk website/blog milik kita.


Apabila Anda termasuk orang yang menjadikan website/blog sebagai sarana mencari uang di internet, maka Alexa Rank wajib anda miliki karena sebagian besar para advertiser dan ad network, seperti ReviewMe, Text Link Ads, Sponsored Review, ask2link dan website penghasil uang lainnya menjadikan alexa rank sebagai, tolok ukur harga sebuah link dari website/blog berdasarkan peringkat alexa ranking yang di miliki. Jadi intinya semakin bagus peringkat dari suatu website/blog, semakin banyak pula para pemasang iklan atau adverstiser yang ingin memasang iklannya di web/blog anda.


Cara Penilaian Alexa
Alexa mengukur/menilai suatu website atau blog dari jumlah traffic dan pageviews yang ada. Dengan terpasangnya alexa toolbar pada browser yang kita pakai, maka alexa.com akan mengetahui berapakah jumlah pengunjung serta page view (jumlah halaman yang di lihat) pada website atau blog. Setelah data terkumpul maka mesin alexa akan secara otomatis membuat ranking atau peringkat pada website atau blog tersebut.

Intinya alexa akan menilai dengan bilangan yang lebih kecil untuk blog dengan tingkat kunjungan ke blog atau website tersebut, jadi jika blog Anda memiliki kunjungan yang besar setiap harinya maka nilai alexa kamu akan naik. Nilai atau ranking alexa berbeda dengan Google Pagerank, Jika peringkat Google PR dimulai dari yang terendah (nol) ke tinggi, maka alexa di mulai dari bilangan tinggi (hingga jutaan) ke bilangan terendah. Jadi semakin rendah nilai alexa kamu, semakin bagus peringkat dari suatu halaman web atau blog.

Bagaimana Cara Menaikan Alexa Rank Di Blog?
Berikut cara menaikkan Alexa Rank

1. Install Toolbar Alexa kemudian jadikan blog anda sebagai homepage di browser anda. Hail ini merupakan langkah paling dasar.
Silahkan simak kutipan alexa dibawah ini

"The traffic rank is based on three months of aggregated historical traffic data from millions of Alexa Toolbar users and data obtained from other, diverse traffic data sources, and is a combined measure of page views and users (reach). As a first step, Alexa computes the reach and number of page views for all sites on the Web on a daily basis. The main Alexa traffic rank is based on a value derived from these two quantities averaged over time (so that the rank of a site reflects both the number of users who visit that site as well as the number of pages on the site viewed by those users). The three-month change is determined by comparing the site's current rank with its rank from three months ago. For example, on July 1, the three-month change would show the difference between the rank based on traffic during the first quarter of the year and the rank based on traffic during the second quarter."

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa salah satu yang berperan penting dalam alexa rank adalah Alexa Toolbar, jumlah pengunjung, dan jumlah page views yang dihitung berdasarkan jumlah orang yang mengunjungi situs/blog bersangkutan dengan alexa toolbar terinstal di browser yang digunakannya. Artinya, menggunakan browser yang terinstall  Alexa toolbar bisa meningkatkan ranking website anda. Sebenarnya bukan hanya website anda saja namun setiap website yang dikunjungi browser yang terinstall toolbar Alexa juga akan mendapat “nilai” yang akan diperhitungkan dalam ranking. Jadi jika browser anda sudah terinstall alexa toolbar, maka penambahan point ranking akan terjadi secara otomatis

2. Pasanglah widget Alexa Rank di website/blog anda.

3. Ajak orang lain,pengunjung maupun teman2 sesama blogger anda untuk menggunakan  Alexa toolbar. Jangan lupa untuk melink penjelasan detail yang diberikan alexa mengenai toolbar alexa dan sistem pelacakan yang mereka miliki/gunakan.

4. Apabila anda  bekerja di warnet, ataupun kantor pasanglah toolbar Alexa  pada setiap komputer yang ada  dan jangan lupa untuk mensetting blog/web anda sebagai homepage di browser setiap komputer.  Hal ini akan sangat berguna jika IP yang digunakan bersifat dinamis.

5. Mintalah kepada teman-teman mu untuk mengulas (mereview) dan menilai profile website anda menurut Alexa.

6. Tulis artikel seputar tentang  Alexa. Webmaster dan blogger senang membaca dan mengetahui bagaimana cara meningkatkan alexa-nya. Mereka akan membacklink artikel Anda dan mengirimkan trafik ke blog/web anda (dengan para pengunjung yang sudah terinstal toolbar alexa). Hal seperti Ini akan  secara berangsur-angsur dapat berefek pada alexa rank blog Anda.

7. Promosikan URL anda di forum-forum webmaster. Webmaster biasanya mempunyai toolbar yang telah terinstall di browser komputer mereka dan apabila meraka tertarik untuk mengklik url anda,  Anda akan mendapatkan kunjungan dari para webmaster dan ini adalah sebuah keuntungan yang bisa anda dapatkan.

8. Tulislah artikel/postingan yang berkaitan dengan webmaster. misalnya, topik SEO dan jual beli domain yang sangat diminati oleh kalangan webmaster (blogger atau pemilik situs). Promosikan artikel/postingan anda pada forum-forum webmaster dan situs jejaring sosial lainnya seperti facebook, twitter dan lainnya.

9. Gunakan redirect Alexa untuk URL web anda. Coba url ini : http://redirect.alexa.com/redirect?www.doshdosh.com Ganti doshdosh.com dengan URL dari blog anda. Gunakan URL ini saat berkomentar dan juga signatur Anda. Redirect ini akan menghitung alamat IP unik sekali dalam sehari. Belum ada bukti resmi cara ini dapat menguntungkan alexa rank anda, jadi gunakan dengan hati-hati ya ^_^.

10. Aktif di situs maupun forum-forum Asian social networking. Beberapa kalangan meyebutkan bahwa Asia Timur adalah pengguna alexa toolbars yang besar. Ini dibuktikan dengan beberapa blog atau situs dari Asia Timur yang masuk Alexa Top 500. Oy saya sudah pernah 4x mengunjungi situs asia seperti Jepang dan negeri tetangga (Malasyia) dan hasilnya alexa saya pun perlahan-lahan ikut tergerak. Jadi cara ini layak di coba.

11. Buatlah  sebuah halaman mengenai  Webmaster tool di dalam website/blog kita. Hal ini merupakan sebuah magnet bagi webmaster untuk sering berkunjung ke blog/web Anda.

12. Daftarlah ke Digg atau Stumbledupon Kedua situs ini bisa mengirimkan puluhan ribu pengunjung bila artikel Anda tampil di halaman depan. Anda juga bisa menggunakan Facebook ataupun Twitter sebagai sarana media promosi sehingga apabila ada teman atau komunitas anda yang tertarik dengan salah satu artikel Anda maka mereka akan mengunjungi blog Anda. Hal ini dapat menimbulkan dampak yang bersifat positif untuk Alexa rank anda. 

13. Lakukanlah  promosi dengan menggunakan iklan Pay Per Click (PPC). Ini dilakukan dengan membayar iklan di Google atau yang lainnya.

14. Buatlah sebuah kategori tentang Alexa pada blog Anda dan gunakan kategori tersebut untuk menyimpan artikel yang berkaitan tentang Alexa. Hal ini dilakukan untuk mempermudah diakses oleh webmaster atau para pengunjung yang datang dari search engine.

15. Optimalkan posting populer anda. Apakah Anda memiliki posting popular yang konsisten menerima trafik dari Search engine? Update postingan tersebut dengan mengklik ke postingan Alexa atau link internal ke URL Redirect Anda.

16. Beli dan pasanglah  iklan banner dan link dari forum untuk mendapatkan pengunjung. Apabila iklan yang Anda pasang sangat menarik dan bagus, maka secara signifikan dapat meningkatkan ranking alexa Anda.

17. Rekrut orang untuk mempromosikan blog Anda. Ini bisa dilakukan dengan membayar teman atau anggota forum untuk mempromosikan artikel Anda secara teratur. Bisa juga dengan meminta bantuan kepada teman dekat anda untuk menyebarkannya ke teman-temannya yang lain.

18. Lakukan negosiasi dengan pemilik warnet untuk menginstall Alexa toolbar dan mensetting blog Anda di semua komputer yang ada di warnet tersebut. Sedikit saran dari saya sering-seringlah berkunjung ke warnet favorit anda dan berkomunikasilah dengan baik dengan pemilik warnet tersebut jika perlu ajak berteman maka mungkin dengan baik hati pemilik warnet tersebut mau memasang alexa toolbar. Jangan lupa ucapkan terima kasih apabila pemilik warnet memasang toolbar alexa sesuai saran dri anda.

19. Cobalah menggunakan Alexa Auto-Surfs. Tools ini biasanya berguna bagi blog baru namun gunakan secara hati-hati.

20. Sering-seringlah blogwalking serta jangan lupa tinggalkan jejak/komentar Anda dan ajak situs yang anda kunjungi untuk saling bertukar link, sehingga mereka bisa memback link kembali Anda.

Sumber-sumber diatas saya dapat dari beberapa blog seawaktu sedang blogwalking. Dan sisanya merupakan pengalaman dan hasil modifikasi serta sedikit tambahan dari saya. Semoga dengan adanya artikel ini alexa rank anda dapat meningkat. Mungkin cara diatas hanya ada beberapa yang sesuai untuk anda coba. Silahkan digunakan dengan baik dan bijak. Jangan lupa untuk terus memposting artikel-artikel yang bermanfaat untuk pengunjung blog anda. Karena banyak sedikitnya pengunjung sangat bergantung dari artikel yang anda buat. 

Sekian posting dari saya (capek decch ngetik panjang). Semoga bermanfaat.


Related Post

0 comments:

Post a Comment

Mohon tinggalkan jejak/komentar sobat disini. Dilarang SPAM. Okey...