Selasa, 02 Agustus 2011

Cara Mempartisi Harddisk

Menanggapi permintaan ke dua dari sobat Z. Rudini tentang cara mempartisi harddisk, maka pada posting kali ini kita akan belajar cara mempartisi hard disk.

Sebelum mengetahui cara mempartisi hard disk ada baiknya kita mengetahui apa itu partisi.

Partisi hardisk adalah Proses membagi ruang memori pada harddisk untuk memberikan file sistem pada ruang kosong yang terdapat pada harddisk, kemudian ruang kosong pada harddisk yang telah diberi file sistem tersebut digunakan untuk menyimpan berbagai macam data dan sistem operasi. Setiap harddisk minimal harus dipartisi satu kali dan harus sesuai dengan sistem operasi yang akan digunakan.

Keuntungan dari partisi hardisk

1. Dapat meminimalisir keruwetan pada sistem operasi.
2. Data dapat dibuat lebih aman.
3. Penggunaan ruang harddisk yang efisien
4. Memudahkan back up data dan pencarian file.
5. Membuat ruangan atau tempat penyimpanan baru.
6. Mempercepat windows.
7. Membagi file data penyimpanan. seperti mana data yang penting maupun tidak.
dan masih banyak lagi keuntungan yang di dapat dari partisi hardisk.


Saya rasa cukup sampai di situ saja. Sekarang mari kita mencoba mempartisi hardisk menggunaka software Pastition Magic 8.0 (with serial number). Klik disini untuk mendownloadnya.

1. Installasi terlebih dahulu software partition magic 8.0.
2. Setelah proses installasi selesai, kemudian jalankan Program partition magic 8.0.
3. Setelah tampil window PartitionMagic 8.0, klik nama harddisk anda  pada bagian sebelah kanan atas window PartitionMagic 8.0.
4. Pada bagian pick a task pilih Create an new partition .
5. Lanjut dengan memilih Next untuk melanjutkan.
6. Silahkan pilih harddisk yang ingin anda paritisi (saya sarankan pilih harddisk yang memiliki kapasitas terbesar), lalu klik Next .
7. Kemudian silahkan pilih lokasi partisi, untuk contohnya silahkan pilih After C: (Recommended), selanjutnya pilih harddisk yang ingin dipartisi.
8.  Kemudian tentukan berapa besarnya partisi yang di inginkan di bagian size dengan berpedoman pada informasi di sebelah kanan kotak tersebut ( Maximum Size & Minimum Size ), klik Next.
9. Setelah anda menentukan besarnya partisi, maka akan ditampilkan perkiraan partisi harddisk sesuai data yang anda masukkan tadi. Apabila anda yakin dengan besarnya partisi harddisk yang di inginkan, klik Finish
10. Langkah selanjutnya silahkan anda klik tombol Apply yang ada di bagian kiri bawah window PartitionMagic 8.0.
11. Akan tampil window konfirmasi, pilih Yes atau OK, untuk memulai proses partisi harddisk.
12. Kemudian Windows akan restart untuk memulai proses mempartisi harddisk anda, silahkan anda tunggu proses tersebut hingga selesai.

nb : saat memasuki proses partisi, jangan menekan tombol apapun setelah komputer restart, hal ini untuk menghindari terjadinya error/gagalnya proses partisi tersebut.


Sekian dan semoga bermanfaat


Related Post

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon tinggalkan jejak/komentar sobat disini. Dilarang SPAM. Okey...