Selasa, 09 Agustus 2011

Tanda-Tanda Kerusakan Pada Komputer

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini komputer/laptop adalah salah satu barang yang wajib kita miliki terutama untuk orang perkuliahan ataupun perkantoran. Dengan komputer pekerjaan yang tadinya memakan waktu yang sangat lama bisa di selesaikan dengan waktu yang relatif singkat. Akan tetapi kadang kita lalai dan malas merawat komputer/laptop dan sering membiarkan kerusakan kecil yang ada tanpa melakukan service ataupun memperbaikinya dengan berbagai alasan seperti karna budget, berpikir kalau itu hanya kerusakan kecil dan tidak butuh perbaikan, serta berbagai alasan lainnya. Apabila hal seperti itu di biarkan terlalu lama maka komputer akan mengalami crash, error, hang dan bahkan menjadi rusak.
Kerusakan pada komputer sangat beragam dan bervariasi, oleh karena itu untuk mengantisipasi kerusakan yang mungkin terjadi pada komputer, ada baiknya kita mengenal tanda-tanda nya terlebih dahulu agar komputer kesayangan kita dapat bekerja maksimal dan tidak mengalami error.


Terdapat 2 (dua) jenis kerusakan pada komputer yaitu :
1. Kerusakan pada Software
Kerusakan jenis ini bisa disebabkan oleh virus atau karena salah satu file sistemnya ada yang hilang. Kerusakan sofware termasuk kerusakan yang ringan.

Tanda-tandanya :
  • Semua komponen komputer masih dapat menyala, namun tidak bisa masuk ke windows/Operting Sistem (OS)
  • Bila muncul tulisan di monitor insert sistem disk, coba kencangkan hardisknya biasanya disebabkan hardisk yang kendor. Bila belum bisa berarti sistemnya rusak dan cara memperbaikinya yaitu dengan melakukan instalasi ulang.
  • Apabila muncul Sistem32 mising berarti filenya ada yang hilang dan harus di instal ulang OS-nya.
2. Keruskan pada Hardware :
  • Kerusakan  Power Suplay : Komputer tidak bisa menyala sama sekali, periksa semua kabel power apakah sudah terhubung dengan listrik dengan baik, periksa tombol switch dibelakang cpu pada posisi on, cek kabel powernya, bila terjadi gejala seperti ini berarti POwER Suplai rusak. dan harus diganti yang baru.
  • Kerusakan Motherboard : Setelah dihidupkan, tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator (led) di panel depan menyala, lampu indikator (led) monitor berkedip-kedip, kipas power supply dan kipas procesor berputar, tidak ada suara beep di speaker.
  • Keruksakan pada VGA dan Monitor : Komputer menyala tetapi tidak ada tampilan pada layar monitor dan terdengar bunyi bib ketika dinyalakan. Kemungkina rusaknya pada VGA atau bisa juga pada monitor. Coba tes dengan VGA atau Monitor pada komputer teman yang masih berfungsi.
  • Kerusakan Harddisk : Komputer dapat menyala, namun tidak bisa masuk ke windows dan hardisk tidak terdeteksi, coba kencangkan kabel hardisknya.
  • Kerusakan RAM : Power suplay menyala, namun tidak bisa masuk ke windows dan tidak ada bunyi bib. Intinya dalam memperbaiki komputer pertama kita harus mengetahui kerusakannya, bisa dilakukan dengan cara try eror atau coba-coba dengan komponen komputer lain yang masih bisa digunakan dan mempunyai tipe komponen yang sama. Bila komputer anda masih bisa menyala namun tidak bisa masuk ke windows berarti komputer anda masih aman dan kemungkinan besar pada OS atau ada komponen yang tidak kencang/ kendor pemasanganya.
Sekian. Semoga bermanfaat.


Related Post

2 komentar:

Mohon tinggalkan jejak/komentar sobat disini. Dilarang SPAM. Okey...