Sabtu, 13 Agustus 2011

Tips Sebelum Mendaftarkan Blog Ke Open Directory Dmoz

Seperti yang sudah di jelaskan pada artikel sebelumnya Tentang Open Directory Dmoz. ODP (Open Directory Project) atau biasa kita kenal dengan Dmoz adalah Open Directory yang terbesar, paling komprehensif yang dibangun dan dikelola oleh para sukarelawan dari berbagai komunitas yang berperan sebagai editor untuk mengecek integritas direktory. Banyak situs-situs search engine terkenal mengacu/bermitra pada Dmoz seperti Google, Yahoo, Alexa, MSN, AltaVista, Netscape, AOL , Gigablast, Lycos dan situs search engine lainnya.

Mengapa harus mendaftar ke directory tersebut?, karena blog atau situs yang telah terindex pada dmoz trafiknya akan meningkat pesat hal ini disebabkan karena blog/situs anda akan muncul hampir pada setiap direktori search engine terkenal seperti yang dijelaskan di atas, tentunya sesuai dengan keyword yang di cari yang berkenaan dengan deskripsi dan title(judul) blog anda. Menurut dari beberapa pengamatan, blog/situs yang sudah terdaftar pada open directory dmoz akan memiliki peringkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan blog/situs yang tidak terdaftar ke dmoz. Keren dan sangat menguntungkan bagi blog kita agar memiliki traffic dan peringkat yang sangat tinggi.
Akan tetapi untuk dapat dipilih dan masuk kategori dmoz tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Banyak situs-situs yang mencoba mendaftar ke directory dmoz namun hanya sedikit yang dipilih dan masuk ke kategori mereka, karena untuk dapat di pilih dan masuk ke kategori mereka di lakukan proses penyaringan yang sangat ketat terlebih dahulu, karena open directory dmoz mereview semua situs/blog yang mendaftar/masuk dengan menggandalkan tenaga manusia dan para sukarela bukan mesin.

Berikut ini tips yang saya temukan dari ismartshare.com sebelum anda mendaftarkan blog ke open directory dmoz :
  • Jangan pasang iklan dan Affiliate program pada website Anda, termasuk Google Adsense. Anda bisa memasang iklan setelah diterima di dmoz.
  • Buatlah content website Anda sebagus mungkin. Jangan submit website yang baru jadi dan isinya masih minim. Sebelum submit ke dmoz isi website Anda dengan artikel-artikel berkualitas dan original untuk meningkan kualitas website Anda.
  • Fokuskan bahasa. Jika nantinya website Anda menggunkan bahasa campuran (Indonesia & Inggris), saya sarankan fokuskan dulu ke satu bahasa dulu. Dengan memfokuskan ke satu bahasa akan memudahkan Anda dan editor dmoz memasukan website Anda ke direktori Indonesia atau Inggris. Perlu diingat meskipun saat submit Anda memilih kategori berbahasa Inggris, editor dmoz kemungkinan akan memindahkan website Anda ke direktori Indonesia jika website Anda berbahsa Indonesia.

Pengaruh bahasa ke depannya.
Pengaruh diterimanya website Anda pada direktori Indonesia atau Inggris sangat bepengaruh pada target pengunjung website Anda, terutama pengunjung dari Google.
  • Website Anda akan dikategorikan website berbahasa Indonesia oleh Google, oleh karena itu website Anda akan mendapatkan prioritas lebih baik pada hasil pencarian yang dilkaukan melalui www.google.co.id tetapi tidak di www.google.com.
  • Jika website Anda nantinya akan di pasang Google Adsense, saya sarankan website Anda menggunkan bahasa Inggris supaya Adsensenya bisa muncul.
Untuk diterima di DMOZ tidak secepat dan semudah yang Anda banyangkan, Anda harus menunggu antara 3 sampai 6 bulan ! DMOZjuga tidak akan memberitahu apakah website Anda diterima atau di tolak. Jika website Anda bisa diterima di DMOZ, maka Anda pasti sangat sangat beruntung sekali !

Semoga Bermanfaat.


Related Post

3 komentar:

  1. mantab infonya gan!!!!!!!

    blognya juga keren nih . . ^_^

    #visit and follow balik ya gan!!

    http://dhiibhiehh.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. thanks gan infonya keren ne gan :) jgn lupa berkunjung and komen kt blog ane yah gan :)

    BalasHapus

Mohon tinggalkan jejak/komentar sobat disini. Dilarang SPAM. Okey...